Sabtu, 10 Mei 2014

Software Engineering Profetion

Profesi adalah suatu bentuk jabatan atau jenis pekerjaan yang membutuhkan keahlian atau keterampilan dari seseorang. Profesi selalu berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan seseorang yang menuntut persiapan sesorang melalui pendidikan atau pelatihan tertentu yang dikembangkan khusus untuk suatu bidang. Tentu disetiap bidang banyak dikerjakan oleh seseorang yang memiliki profesi masing-masing khususnya dibidang komputer ada suatu profesi yang disebut Software Egineering.

Software Engineering atau SE adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Software Engineer bisa digolongkan sebagai sebuah profesi. Deskripsi kerja dari seorang Software Engineer adalah melakukan aktivitas engineering (analisa, rekayasa, spesifikasi, implementasi, dan validasi) untuk menghasilkan produk berupa perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah pada berbagai bidang.
Untuk bisa melaksanakan tugas sebagai Software Engineer seseorang harus memiliki latar belakang pendidikan tertentu yang memberikan bekal untuk melakukan kerja dengan baik dan benar. Selain itu setelah lulus dari pendidikan, seorang Software Engineer juga dituntut untuk memiliki pengalaman cukup dalam pekerjaan ini melalui keikutsertaannya sebagai pekerja magang dalam proyek. Software Engineer juga harus terus memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya sesuai dengan perkembangan teknologi komputer yang cepat.
Profesi Software Engineer sejauh ini belum memiliki organisasi profesi. Organisasi profesi Software Engineer yang mungkin diperlukan adalah tidak diperlukan untuk menyeleksi keanggotaannya, namun yang penting adalah bisa memberikan kualifikasi yang jelas tentang apa Software Engineering itu, siapa Software Engineer itu, dan membantu anggotanya untuk memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya. Namun belakangan ini pengesahan profesi Software Engineer oleh organisasi profesi mulai dirasakan perlu karena banyak bidang kerja profesi ini yang bersinggungan dengan hajat hidup orang banyak.

Pendidikan formal yang diperlukan seorang Software Engineer
Kemampuan yang perlu dimiliki seorang Software Engineer supaya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar adalah:
 metodologi pengembangan perangkat lunak: analisa masalah, perancangan sistem yang ada dan yang akan dibangun, meng-kode-kan disain menjadi perangkat lunak.

Seorang Software Engineer harus memiliki pendidikan formal tingkat sarjana yang merupakan gabungan dari bidang: 
  1. Computer science: terutama dalam perangkat keras 
  2. Engineering: terutama dalam pendekatan/metode analisa pemecahan masalah
  3. Industrial engineering: terutama dalam optimasi proses dan sumber daya
  4. Management: terutama dalam mengelola manusia dan kelompok kerja, manajemen proyek
  5. Social science: terutama dalam pendekatan manusia dan komunikasi
Dari uraian di atas jelas bahwa profesi Software Engineer tidak semata mengandalkan pengetahuan dalam ilmu komputer.




Sumber :
http://monstersapi.blogspot.com/2013/05/profesi-it-software-engineering_15.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar