Kamis, 08 Mei 2014

Profesi Teknologi Informasi di Indonesia

Jenis Profesi Teknologi Informasi di Indonesia

Besarnya lapangan pekerjaan di bidang teknologi di Dunia dan tidak terkecuali di Indonesia, menjadikan kebutuhan akan berbagai jenis profesi dibidang teknologi. Profesi yang terdapat di dalam bidang teknologi sangat beragam jenisnya. Ada yang sebagai tester, web designer, system analyst, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini merupakan daftar beberapa profesi di bidang IT:
  1.  Computer Engineering
    Bidang ini adalah yang paling bersifat konkrit karena tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk yaitu sebuah Komputer atau sebuah peripheral. Computer engineering berkaitan dengan desain, pengembangan dan testing hardware komputer / peripheral dari mulai teknologi semikonduktor, mikroprosesor, circuit, interfacing hingga pengembangan embedded software dalam sebuah mikrokontroler. Pada bidang ini dibagi menjadi beberapa profesi contohnya: Hardware Engineer.
  2. Bidang Computer Sytem & Networking
    Bidang ini berkaitan dengan desain, implementasi dan pemeliharaan infrastruktur jaringan computer baik LAN maupun WAN, teknologi server hingga optimasi serta administrasi sistem komputer. Berikut ini adalah profesi-profesi yang berkaitan: System Support, Network Engineer, dan Administrator.
  3. Bidang Software Development & Consulting
    Software development adalah bidang yang paling abstrak di dunia IT. Output yang dihasilkan hanya dapat dirasakan oleh user berupa informasi yang dapat mengoptimalkan berbagai macam pekerjaan. Contoh profesi dalam bidang Software Development dan Consulting: Programmer, System Analyst, Software Quality Assurance Engineer, Software Engineer, Database Administrator (DBA), Software Architect, Software Implementer, Technical Consultant, dan User Interface Designer
Contoh perbandinagn bidang IT di Negara Indonesia dengan Negara tetangga, yaitu Malaysia:


Malaysian Computer Society (Code of Profesional Conduct)

Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Namun, keduanya memuliki perbedaan dalam melakukan ranking senioritas, misalnya tingkatan untuk System Development-nya adalah: 
  • Programmer
  • System Analyst/DesignerSystem 
  • Development Executive
Model Singapore dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dan dapat diintegrasi, dengan pembagian sebagai berikuti :
  • System Development
  • Computer Operations
  • Sales, Marketing and Services
  • Education and Trainings
  • Research and Developments
  • Spesialist Support
  • Consultancy 


Sertifikasi Dalam Bidang Teknologi Informasi

Secara umum sertifikasi dalam bidang IT merupakan sebuah bentuk hasil usaha berupa lembaran kertas yang diberikan kepada seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang IT tertentu atau lebih spesifik. Bentuk hasil ini biasanya berupa kertas khusus yang disertai keterangan tertentu seperti gelar. Contohnya:CCNA, MCTS, CEH, OCP, dlsb, itulah contoh titel bagi seorang pemegang sertifikat IT. Sertifikat IT ini berlaku Internasional dan dirilis / diterbitkan oleh vendor atau organisasi khusus yang tentunya sudah diakui secara Internasional juga. Bidangnya sendiri beragam, mulai dari sistem operasi, aplikasi, networking, programming, database, hingga IT management.


Sumber:
http://bar0eb0eat.blogspot.com/2012/03/macam-macam-profesi-teknologi-informasi.html
http://kamalrifasya.blogspot.com/2013/05/jenis-jenis-profesi-it-di-indonesia-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar