Jumat, 09 Mei 2014

Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis

Teknologi informasi sudah tentu berperan penting dalam bidang bisnis, karena bertujuan untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari kegiatan transaksi dengan barang ataupun jasa yang kegiatannya menggunakan alat bantu teknologi informasi. Dalam bidang bisnis yang sering digunakan biasanya sebuah perangkat komputer yang fungsinya untuk segala macam dari mulai pengaturan gaji, data statisti, data perusahaan, akunting, alat komuniaksi dan lain-lainya. Saat ini banyak bisnis yang pengoprasiannya menggunakan sistem komputerisasi seperti pengawasan, pelaporan keuangan, dan merencanakan atau membuat kesepakatan antar client.
Contoh umum yang sering kita lihat adalah kegiatan berbisnis online yang banyak dilakukan masyarakat sekarang yang tentunya sangat memperhatikan trend pasar yang banyak diminati konsumen saat ini. Bisnis online banyak diminati saat ini sudah tentu menyajikan cukup banyak keuntungan. berikut beberapa keuntungan bebisnis online:
  1. Penjual akan dapat pesan ditiap instan message yang digunakan, jadi penjual bisa fokus jualan online tanpa perlu buang waktu layani calon pembeli yang tak serius.
  2. Penjual akan dapat feedback positif secara otomatis oleh sistem walaupun pembeli tak memberikan feedback saat transaksi. 
  3. Penjual langsung terima dana setelah pembeli konfirmasi terima barang atau pada 1x24 jam setelah kurir selesai mengirim barang. 
  4. Tiap halaman barang penjual telah dioptimasi secara SEO ( Search Engine Optimization ) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya. 
  5. Penjual tak perlu repot cek ongkos kirim karena sistem akan langsung menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli. 
  6. Bukalapak terus membangun spirit kewirausahaan kepada penjual & pembeli dengan memberikan tips & trik jualan online. 
Dari keuntungan yang sudah disebutkan berikut beberapa orang yang sukses melakukan kegiatan bisnisnya menggunakan teknologi informasi (online shop):
  • Hendrik Tio
    Seorang pemilik
    sekaligus pendiri toko online Bhinneka.com. Berdiri sejak tahun 1999, kini toko tersebut sudah mampu meraup omset hingga 60 miliar setahunnya. Sebuah angka yang fantastis terutama jika melihat modal awal yang dikeluarkannya hanya senilai Rp. 100 juta.

  • Andrew Darwis
    Bagi yang sering mengungkapkan kata agan-agan pasti sudah tau situs komunitas terbesar di Indonesia, yaitu kaskus.co.id. Dalam situs ini, menyediakan ruang bagi seluruh pengguna internet untuk berdiskusi hingga bertransaksi bisnis. Andrew Darwis adalah pelopor yang menyediakan ruang bagi seluruh pengguna internet untuk berdiskusi hingga bertransaksi bisnis
  • Anne Ahira
    Kalau ada yang belum tahu, wanita kelahiran Bandung tahun 1979 ini memulai bisnis online sejak tahun 2001. Tahun 2005, Anne Ahira mendirikan sebuah sekolah Internet Marketing secara online yaitu AsianBrain.com. Saat ini Asian Brain memiliki banyak sekali member di seluruh pelosok Indonesia. Di internet banyak sekali kontroversi tentang Anne Ahira, beberapa orang mengatakan dia adalah penipu dan yang lainnya mengatakan bahwa Anne Ahira memang seorang pebisnis dan memiliki wawasan yang luas tentang internet marketing. Pada tahun 2007, Indonesia memintanya untuk berbicara di APEC sebagai wakil Indonesia.
  • Rudi Salim
    Bisnis game online membawanya meraih keberuntungan. Meski pun pada awal dirinya terjun ke bisnis online berawal dari usaha pembiayaan traksaksi penjualan online. Namun kini, usahanya sudah berjalan hingga memiliki delapan cabang di delapan kota. Selain itu, omsetnya sudah mencapai Rp. 1,3 Miliar sebulan. Semua itu diraih dengan mengorbankan kuliahnya serta menjual mobil dan sebuah usaha karaoke milik keluarga.
  •  Budiono Darsono
    Hampir semua orang membuka situs detik.com untuk melihat berita terkini. Namun kita belum tentu mengenal siapa yang berada di balik kisah sukses pendirian situs berita online pertama di Indonesia tersebut. Dialah Budiono Darsono. Idenya mendirikan detik.com ini berawal ketika majalah Detik harus dibredel di era Orde Baru karena dianggap berlawanan dengan pemerintah. Media internet kala itu belum memiliki banyak regulasi sehingga lebih mampu memuat berita yang bersifat kritis sekalipun kepada pemerintah.
  •  Habibie Afsyah
    seorang tokoh bisnis online yang memiliki kekurangan pada bagian kakinya. Namun dengan kekurangan tersebut, menjadi sebuah semangat untuk menekuni dunia bisnis online dengan memanfaatkan situs Amazon.com. Kini Habibie selain menjadi tokoh bisnis online, juga sudah berperan sebagai trainer di Eprofitmatrix dan juga menerbitkan buku.
Sumber :
http://ararianty.blogspot.com/2012/06/makalah-perkembangan-it-di-bidang.html
https://www.bukalapak.com/manfaat
https://www.bersosial.com/threads/beberapa-orang-indonesia-yang-sukses-di-bisnis-online.1130/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar